________________________17-08-2014________________________
Analisa Warung Kopi
Kohar dan Juki memasuki warung kopi
dan memilih tempat duduk di pojok supaya bisa leluasa ngobrol. Kohar
ingin memberikan penjelasan ke Juki mengenai keadaan MMM saat ini.
Mereka hanya punya waktu 15 menit karena masih punya agenda lain.Kohar
M10, dia bergabung dengan MMM 3 bulan lalu. Juki, downlinenya, bergabung
sebulan lalu. Nampaknya Juki belum dapat GH pertamanya, makanya dia
agak galau. Dia ingin mendapatkan pencerahan dari Kohar mengenai GH nya
yang belum dapat jodoh.Mereka memesan kopi tubruk campur jahe madu,
kesukaan mereka. Sambil menunggu pesanan kopinya datang mereka
ngobrol.
VISI MISI MAVRODI
Juki
Sebenarnya apa seh tujuan Mavrodi
mendirikan ini, bro?
Kohar
Visi misinya mantap sekali, bro. Dia ingin
setiap orang itu hidup sejahtera, tidak hidup dari cekikan bunga bank
karena hutang. Dia ingin orang punya akses gampang terhadap uang, orang
tua dan pensiunan bisa hidup layak. Nggak ada tuh orang yang mau mikirin
banyak orang, apalagi orang sedunia. Bukan hanya nasib orang Rusia atau
Indonesia saja yang dia pikirin. Sedunia, Bro! Bayangin, mikir diri
sendiri aja kita udah susah, apalagi mikirin nasib orang lain. Nyari
orang kayak gini susah khan hare gene. Bro, sebuah tujuan itu dicapai dan
diawali dari sebuah mimpi, selanjutnya proses, selanjutnya hasilnya
seperti apa. Kalau kita bermimpi besar, proses dan energi yang kita
keluarkan juga harus besar pula. Khan nggak mungkin untuk mencapai hasil
besar, usaha dan energi yang dikeluarkan kecil.
Bro, simak kata kata ,
Sarjono, teman dekat adik saya, “Untuk nilai sepadan yang kamu dapatkan,
upaya yang kamu keluarkan akan sebesar ataupun lebih besar dari nilai
sepadan yang kamu dapatkan”
MMM ADA DI SELURUH DUNIA
Juki
Kira kira MMM
ini ada di Negara mana aja ya, bro?
Kohar
Sudah banyak bro. Kalau tidak
salah ada di 64 negara dari bacaan yang aku baca. Bayangin kalau di
setiap Negara ada 10 juta anggota MMM, maka visi misi Mavrodi ini akan
cepat terealisasi. Ini sangat mungkin terjadi dalam waktu cepat. Makanya
dia selalu bilang ini adalah revolusi keuangan. Siapa yang bisa menolak
konsep the Power of Giving, konsep mulia dan pasti banyak yang
mendukung. Gerakan ini boleh dikata unbendungable, bro. Namun, dugaanku
juga, MMM ini hanya sekedar alat, sebenarnya bukan MMM ini tujuan akhir
Mavrodi.
MAVRODI DAN PRIBADINYA
Juki
Sebenarnya Mavrodi ini kayak apa seh
orangnya?
Kohar
Bro Juki, ini analisa pribadiku tentang Mavrodi. Mavrodi
tipe orang yang persisten dan consistent. Dia tidak akan berhenti jika
belum mendapatkan apa yang dia inginkan. Dia akan terus maju, bro. Kalau
bahasa yang aku pakai itu Doggy Character lah (bukan doggy syle loh).
Maksudnya apa? Dia akan terus mengejar apa yang dia inginkan sampai
dapat. Dia nggak akan pernah berhenti untuk mengejar, meskipun banyak
hambatan yang menghalanginya. Selain itu orangnya revolusioner dan
pendobrak, ingin menampilkan sesuatu yang berdeda. Orangnya humanis
sosialis, nggak mau ada orang miskin di muka bumi ini, dia memang
nyentrik, unik, malah seringkali kayak stubborn gitu deh, nggak mau
dengar pendapat orang lain. Namun, semua itu dia imbangi dengan
kemampuan otaknya yang encer. Khan banyak pemimpin revolusi dunia yang
modelannya kayak dia. Mavrodi juga sulit ditebak orangnya, tidak perrnah
banyak omong, namun tiba tiba muncul ide brilliant nya. Orang macam dia,
dengan segala kelemahan dan kelebihannya, adalah tipe High Achiever yang
tidak terbendung. Apalagi hanya masalah akun abal abal. hehe Aku yakin deh
sama orang macam gini. Aku dukung sekali kalau memang tujuannya
mulia.
LONELY FIGHTER
Juki
Wah, hebat juga itu si Mavrodi. Terus, siapa
yang back up dia bro untuk mencapai visi misinya?
Kohar
Bro, Mavrodi ini
saya katakan sebagai Lonely Fighter. Kenapa? Ide dia itu tidak dibackup
oleh system atau para birokrat di negaranya sana. Dia itu penggagas
tunggal dan penggerak revolusi keuangan. Memang akan sulit jika dia
sendirian. Nah, siapa yang bisa bantu dia? Ya kita kita ini yang harus
bantu dia untuk merealisasikan visi dan misinya. Kalau bukan kita, siapa
lagi, bro? Makanya kita harus kompak dan saling membantu, merapatkan
barisan supaya tujuan dia dan kita kita bisa terwujud. Kamu khan pingin
juga hidup layak, nggak nyicil utang mulu? hehe Jadi bro Juki, kitalah
pasukan pendukung visi misinya. Kitalah pasukan depositor yang akan
merubah sistem keuangan dengan tatanannya yang ada.
Ini ada kata kata
bagus dari Henry Ford, temannya Kiichiro Toyoda,“Datang besama sama
adalah awal yang bagus, tetap bersama adalah kemajuan, bekerja sama
adalah kesuksesan”
SISTEM KEUANGAN MONOPOLITIS
Juki
Iyaya, kalau mikirin
sistem keuangan sekarang ini gimana ya. Kok hidup makin lama makin
susah, harga naik terus, semuanya perlu uang. Seandainya aja ada pilihan
sistem keuangan yang lain.
Kohar
Bener, bro. Memang menurutku ini
kompleks. Sulit njelasin dengan kata kata. Dunia ini sudah semakin maju.
Coba kita lihat bidang teknologi, perkembangannya pesat sekali. 10 tahun
terakhir ini Ide dan teknologi baru berkembang dengan pesat. Tiap
negara dan perusahaan berlomba lomba menghasilkan ide yang cemerlang.
Coba HP mu sekarang, khan juga produk dari kemajuan teknologi. Di bidang
kesehatan, teknologi ini berkembang dengan pesatnya. Di bidang
pertanian, teknologi pertanian maju dengan pesat pula. Bidang
pendidikan, wow, apalagi… bidang ini sudah jauh lebih maju dibandingkan
tahun tahun sebelumnya. Pendek kata, semua bidang berkembang dan maju
pesat dengan temuan dan praktek praktek barunya. Nah, Hampir semua
temuan bermunculan dengan tujuan untuk memudahkan dan mensejahterakan
kehidupan manusia. Hidup ini menjadi lebih mudah, praktis dan berpihak
pada rakyat gitu lho, bro. Nah, ini yang menarik. Cuman bidang /
sistem keuangan dan perbankan yang tidak berkembang. Dari dulu, sistem
keuangan tidak pernah mengalami perubahan signifikan, malah dikatakan
mandeg pol. Dari jaman dulu the Fed dan Dolar menguasai dunia. Hampir 70
tahun lebih sistem dan praktek keuangan dimonopoli oleh sebagian kecil
orang yang punya kuasa terhadap sistem keuangan dunia. Sistem keuangan
dunia dikuasai kaum kapitalis yang hanya menguntungkan sebagian kecil
orang. Coba kamu pikir itu, bro! Monopoli itu merusak dan membuat orang
tidak maju maju. Nih, ada kata kata bagus dari Nancy Pearcy, istrinya Tom
Pearcy, yang tinggal di Amrik sana,“Kompetisi selalu baik. Dia akan
memaksa kita untuk melakukan yang terbaik. Monopoli selalu jelek, dia
menyebabkan kita puas diri dengan hasil biasa biasa saja”
AKAN DATANG
SUATU MASA
Juki
Wah enak kalau mimpi ini bisa terwujud. Tahu nggak,bro.
Aku pingin sekali punya mobil. Istriku udah merengek rengek pingin punya
mobil. Aku juga bingung, gaji nggak naik naik, ini cicilan sepeda motor
juga belum kelar.KoharYa, sabar dululah. Hidup itu khan juga proses,
tidak tiba tiba dalam sekejap kita bisa mendapatkan yang kita
inginkan.
Kohar
Gini, Bro. Keinginan Mavrodi suatu saat MMM ini akan bersanding
dengan sistem keuangan yang ada. MMM menjadi pilihan lain untuk
memperbaiki kesejahteraan umat di dunia. Suatu saat pembayaran tidak
hanya dimonopoli oleh dollar. Nanti, ada masa dimana bisnisman akan
berkata, ”tolong pembayarannya pakai Mavro saja ya” atau masyarakat
berkata “mavronya sudah masuk, tadi baru saya cek” Gimana, enak khan.
Ada pilihan lain dari pilihan yang ada. Coba sampeyan pikir, enak khan
kalau apa yang sampeyan perjuangkan saat ini dipakai sebagai alat tukar
dunia? Mata uang yang kuat dengan nilai ekonomis dan politis tinggi saat
ini khan Dollar dan Euro, dan suatu saat Mavro akan menjadi pilihan
lain. Jika memang ini terjadi, sampeyan bisa membayangkan nilai tukar
mana yang yang akan dipilih. Ibaratnya, kalau sampeyan mau belanja itu
pilihannya banyak. Mau belanja di Giant, Carrefour, Alfamart, atau Pasar
Tradisional. Terserah sampeyan. Yang sampeyan pilih tentunya alat tukar
yang memberikan manfaat lebih baik untuk rakyat. Bro, khan uang itu
sebenarnya hanya selembar kertas dan coin. Yang menjadikannya bernilai
khan hanya kesepakatan aja. Bayangkan saja kalau ada 500 juta manusia di
dunia menyepakati Mavro sebagai alat tukar, khan sangat mungkin ini
terjadi. Kita boleh dong bro berharap yang lebih baik. Ini ada kata kata
bagus dari Robert Schuller, temannya Oprah W, “Biarlah harapan kita,
bukan luka kita, membentuk masa depan kita”
UANG MUDAH DIAKSES OLEH
RAKYAT
Juki
Wah, nanti nggak ada orang miskin ya,bro?
Kohar
Iya, Bro. Semua
orang merasakan kemudahan untuk mengakses uang. Tidak kayak sekarang,
yang kaya makin kaya yang miskin tetap miskin. Harapanya nanti nggak ada
kemiskinan, kejahatan, dan manusia bisa hidup lebih baik.Ini kata kata
hebat dari Aristotle, temannya pengarang yang bukunya pernah saya
baca,“Ibu dari sebuah revolusi dan kejahatan adalah kemiskinan”
DEFINISI
ULANG KATA BEKERJA
Juki
Wah, kalau begitu kita nggak perlu kerja
ya?
Kohar
Wah, Bro. Kerja itu tetap harus dong. Harus dibedakan antara
kerja dan mendapatkan uang. Kerja itu khan esensinya satu kebutuhan
manusia, untuk diakui dan dihargai. Manusia mendapatkan kepuasan dari
apa yang sudah dilakukan atau perbuat, bukan selalu uang lho
ukurannya. Memang, perlu definisi ulang kata BEKERJA. Kalau kerja itu
diartikan dengan berangkat pagi dan pulang malam, memang akan berubah.
Dugaanku, nanti akan ada paradigma yang berbeda mengenai definisi
Bekerja. Bekerja tidak harus sekaku dan selama itu waktunya. Bisa aja
kita akan memilih pekerjaan sesuai minat dan bakat kita, sehingga makna
bekerja menjadi lebih berarti dan tidak ada tekanan atau beban yang
memberatkan. Nanti juga pilihan ada pada masing masing orang.Ini kata
kata bagus dari Confucius, yang filmnya meledak beberapa tahun
lalu,“Pilihlah pekerjaan yang kamu sukai, dan kamu tidak akan bekerja
seharian dalam hidupmu”
======000======
Kopi
pesanan mereka sudah terhidang. Mereka mulai menyeruput kopinya.
Pembicaraan semakin serius, Juki semakin banyak
bertanya
======000======
PERGESERAN
NILAI
Juki
Hebat, bro. Kalau semua orang pada kaya, kita tinggal
melakukan kegiatan sosial dan ngamal aja ya
Kohar
Bro, nantinya memang
akan terjadi pergeseran dalam tatanan kehidupan yang yang ada. Coba
kalau aku tanya sampeyan. Saat ini, apa yang menjadikan seseorang
dihormati orang lain? Aku yakin jawaban yang keluar adalah: karena
kekayaaannya, karena posisinya, atau alasan lain yang ukurannya
material. Ini sudah menjadi rahasia umum, bro. Coba cek kehidupan di
sekitar kita, semuanya diukur dengan materi. Coba aku tanya sampeyan:
seratus orang kaya berkumpul, siapa yang akan mendapat respect besar
dari orang lain? Orang yang paling kaya? Bukan! Mereka sama sama kaya,
bro.Yang mendapat respect paling besar adalah mereka yang mempunyai
integritas, punya karakter membantu dan perhatian pada orang lain. Kita
bisa lebih banyak melakukan pekerjaan sosial, lebih banyak dekat dengan
keluarga, dan yang utama lebih banyak waktu untuk melakukan kegiatan
amal. Ini ada kata kata bagus dari host terkenal, Oprah W, temannya
bintang film kesukaanku, “Pada akhirnya, yang tertinggal pada diri
manusia adalah integritas dan karakternya”
MMM BARU AJA MULAI
Juki
Wah,
bagus juga tuh. Kapan ya bisa tercapai, bro?
Kohar
Bro, apa yang dilakukan
oleh Mavrodi dengan MMM nya itu baru tahap awal. Ibarat sampeyan naik
tangga, sampeyan baru menapaki tangga pertama. Ibarat main catur,
sampeyan itu baru maju pion pertama, ibarat mau ambil buah kelapa di
belakang rumah sampeyan, sampeyan baru bikin takik (panjatan)
pertama. Mavrodi tipe orang yang nggak pernah bilang ke kita apa tujuan
akhirnya. Dia hanya menginginkan kita mendukungnya dan melakukan apa
kata dia. Bayangin Bro, kalau ini baru langkah pertama, bayangkan tujuan
akhir yang Mavrodi cita citakan tentunya masih panjang dan berliku. Ini
yang harus diketahui oleh semua member MMM yang ingin mendukung visi
misinya. Ini apa kata Tony Robbins, bukunya yang pernah aku
baca, “Menetapkan tujuan adalah langkah awal merubah sesuatu yang tidak
tampak menjadi jelas”
PERCEPATAN IDEOLOGI MMM
Juki
Wah mantap juga si
Mavrodi ini. Lha kalau dia sendirian kapan visi dia akan tercapai?
Kasihan juga dia nggak ada yang bantu.
Kohar
Makanya Bro. Jika sampeyan
yakin dan mendukung visi dia, harus bantu bantu dia dong. Paling tidak
menghindari piktor (pikiran kotor), saling menguatkan antar sesama, jujur, amanah, dan
iklhas. Sebenarnya ada cara yang lebih efektif untuk cepat
menyebarluaskan ideology MMM. Menurutku ini, bro: Pertama, menerbitkan
buku tentang MMM, dicetak dan diperjual belikan secara bebas. Dengan
demikian ideology MMM ini akan diketahui banyak orang. Apa bedanya
dengan sistem keuangan yang ada saat ini. So, masyarakat supaya
tahu. Kedua, membentuk taskforce pengembangan dan penyebaran ideology di
setiap kota / daerah
supaya cepat diterima masyarakat. Ketiga, melakukan banyak kegiatan
charity yang terkoordinir, Keempat, membentuk struktur organisasi yang
kuat di struktur MMM Indonesia: ada leader operasional dan leader
strategis. Leader operasional tuh leader yang sudah gabung lebih lama,
dan menduduki posisi M1K, M10K, M100K, dan di atasnya. Mereka dianggap
leader karena sudah lama gabung di MMM. Manager strategis itu diambil
dari anggota MMM yang dipilih karena kapasitas dan integritasnya untuk
mengembangkan MMM. Dengan cara ini, MMM Indonesia akan cepat sekali
perkembangannya. Kelima, membuat program dana bergulir untuk mengurangi
kemiskinan. Misal, para top leader dan mereka yang sudah bergabung dan
menikmati keuntungan sepakat mengumpulkan uang. Katakanlah 500 juta,
uang itu lalu diperuntukkan keuntungan untuk sebuah desa. Dengan cara
ini akan banyak masyarakat desa yang terbantu dan akan ikut MMM.
Bayangkan bro, jika uang 500 juta ‘diparkir’ di desa tersebut selama 3
bulan. Khan besar nilainya bagi mereka? Setelah 3 bulan programnya
pindah ke desa yang lain. Begitu seterusnya sehingga jumlah orang yang
menikmati hasil MMM akan semakin banyak.
NEGARA AKAN MIKIR DUA KALI UNTUK
MENGADOPSI SISTEM MMM
Juki
Bro, kalau memang ini sistem yang baik,
harusnya pemerintah mendukung Mavrodi ya.
Kohar
Begini bro, pemerintah
atau negara di dunia ini belum atau akan sulit untuk mendukung program
MMM ini. Alasanya begini bro: Pertama, dunia ini khan saling terkoneksi
satu sama lain. Dan, dalam sistem ini pasti ada yang mendominasi dan
ingin mempertahankan kepentingannya. Nah, jika ada sebuah negara mau
mengadopsi sistem ini. Negara yang punya kuasa besar juga nggak terima,
nggak mau kehilangan dominasinya. Khawatir nanti kepentingan politik dan
ekonominya terganggu. Dan, negara yang mau mengadopsi sistem, ini merasa
takut, bro. Takut mereka nanti dikucilkan dari percaturan dunia, nggak
dibantu secara ekonomi maupun non ekonomi, takut kena embargo. Wah ini
yang berat. Coba bayangin kalau sebuah negara kecil dimusuhi negara
besar. Parah jadinya, bro. So, susahlah bro minta pemerintah atau sebuah
negara mendukung sistem ini secara terang terangan. Mereka akan wait and
see, kalau nanti jumlah anggota sudah ratusan juta di dunia, mungkin
akan ada negara yang mau melirik sistem ini.
CONTINUOUS
IMPROVEMENT
Juki
Sayang juga ya, bro.Terus, MMM ini harus selalu update
dong teknologinya?
Kohar
Wah, jelas dong! Ibarat sebuah produk, tentunya
MMM akan akan melakukan pembaharuan di dalam sistem, kualitas, dan
kecanggihannya. Coba aja produk komputer kita saat ini, ada windows 7, 8
dan seterusnya. Sama seperti MMM ini, aku kira nanti ada program baru
yang dikeluarkan Mavrodi untuk mengganti versi MMM 2012 ini. Ini wajar
bro, untuk mengakomodir dinamika dan pertumbuhan serta kebutuhan
masyarakat. Khan nggak mungkin bro memberikan layanan saat ini dengan
program yang sudah ketinggalan. Mungkin nanti akan ada MMM 2014, 2017,
dst. Semacam continous improvement lah bahasa kerennya. Ini kata kata
bagus dari William Pollard, tokoh favorit adik ipar saya,”Tanpa
perubahan tidak akan ada inovasi, kreatifitas, atau manfaat yang lebih
baik. Mereka yang menginisiasi perubahan akan mempunyai kesempatan yang
lebih baik untuk mengelola perubahan lebih baik”
SISTEM SUPER
CANGGIH
Juki
Sistem MMM ini bagus nggak seh, bro?
Kohar
Bro, sistem yang
dipakai ini super canggih. Pokok e mantaplah! Aku nggak bisa jelasin
dengan bahasa dan kata kata rumit. Aku buat sederhana saja. Kalau aku
ibaratkan sistem ini seperti talang air, bak mandi, air, bola voley, dan
keran. Masing masing mempunyai representasi yang mirip dengan sistem
yang ada. Talang air adalah media pengucuran PH, bak mandi adalah wadah
atau sistem pencatatan, airnya adalah uang yang mengalir, bola volley
adalah indikator yang harus dijaga jangan sampai jatuh keluar bak mandi
atau menyentuh lantai, kerannya adalah sistem buka tutup pengatur debit
air, atau GH kita. Air mengalir dari talang air, mausk ke bak mandi, bola
mengapung naik turun mengikuti ketinggian air. Jika airnya deras masuk
bak mandi, keran di bawah dibuka lebar lebar. Jika air yang masuk di bak
mandi jumlahnya sedikit, keran air di bawah dikecilkan, jika banyak
air, dibuka lebar, jika airnya berkurang, kerannya dikecilkan lagi.
Begitu seterusnya sehingga air di dalam bak mandi tidak akan habis
habis, dan bola volley nya tetap mengapung. Keran bawah disesuaikan
kecepatan dan kelambatannya sesuai debit air. Jika perlu, kadang kadang
kerannya dimatikan sementara. Nah air yang keluar dari keran bawah, masuk
lagi ke talang air, masuk ke bak mandi, keluar ke keran bawah, dan
begitu seterusnya. Bagaimana kalau semua elemen yang ada tidak bisa
mengucurkan air di keran bawah? Ya, dimulai lagi. Mulai Lagi! Bikin
baru. Namun tentunya, ketika mulai lagi air yang di dalam bak mandi
harus tetap ada.
UANG BEBAS
Juki
Bro, istriku udah nanya nanya nih mengenai
GH yang belum muncul. Mudah mudahan minggu ini ada kabar baik.
Kohar
Kita
tunggu aja, Bro. Mudah mudahan aja.Satu hal lagi, ini selalu aku
tekankan berkali kali. Kalau sampeyan gabung di MMM, pastikan pakai uang
bebas lho. Apa itu uang bebas? Uang yang tidak sampeyan pakai untuk
kebutuhan dapur atau uang sekolah anak sampeyan. Uang nganggur yang
tidak sampeyan pakai untuk kebutuhan hidup. Ibarat kata, kalau sampeyan
kehilangan uang itu, sampeyan nggak sampai stress atau frustasi. Ini bro,
kalimat dari Bebe, teman mancingku, yang selalu aku sampaikan ke calon
member baru. Sampeyan masih ingat khan? “Kamu terlalu gila dan berani
gabung di MMM yang beresiko dan tanpa jaminan. Namun, kamu juga terlalu
gila dan berani tidak mau menerima reward 30%” Masih bingung khan?
Artinya adalah kita harus tetap hati hati. Jangan terlalu berani dan
bernafsu sehingga kita lupa diri dan akhirnya memakai uang utangan atau
uang jatah makan. Disisi lain, kita juga layak untuk mencoba sesuatu
yang mungkin baik dan ikut bergabung dengan tingkat resiko yang rendah.
Dikit dikit dulu uang yang dipakai. Jika sampeyan sudah cukup yakin,
silakan kalau mau nambah. Itu terserah sampeyan. Uang uang sampeyan! Aku
nggak ikut campur dan nggak tanggung jawab. Resiko ditanggung sendiri.
Khan aku udah ingetin. Iya to?
HIDUP MATINYA MAVRODI
Juki
Jadi, gimana Bro.
Masih ada peluang khan MMM untuk normal lagi?
Kohar
Masihlah, Bro. Ya
kalau aku ibaratkan, MMM itu hidup matinya Mavrodi. Kalau udah jadi
hidup matinya dia, aku yakin dia tidak akan membiarkan ‘nyawanya’
terancam. Pasti dia berusaha mati matian untuk mempertahankannya. Ya,
perlu kita bantu doa jugalah, toh manusia berusaha, Tuhan juga yang
menentukan.Kita tunggu aja deh, aku rasa nanti akan ada kejutan, tahu
tahu MMM normal kembali dengan kemampuan dan fiturnya yang lebih
canggih. Amin.Mavrodi sudah bertekad dan berkomitmen, dia pun juga
sangat tahu resikonya Dia udah mengambil keputusan yang menurut dia
baik. Saya ingat kata kata bagus dari Theodore Resovelt, teman presiden
pertama kita, ”Kapanpun dalam mengambil keputusan, hal terbaik yang dapat
Anda lakukan adalah yang Benar, selanjutnya yang Salah, dan yang
terburuk adalah tidak melakukan apapun”
MASIH GALAUKAH
Juki
Wah, aku jadi
ngerti lebih dalam mengenai MMM ini.
Kohar
Nah, itu bagus, Bro. Udah
nggak galau lagi khan? Makanya sampeyan kudu ambil sikap. Jangan ikut
ikutan piktor lah. Kalau aku seh sudah pasti, 100% untuk MMM. Ini kata
kata, Sayuti, nenek teman saya “Jika kamu bukan bagian dari solusi, kamu
pasti bagian dari masalah” Makanya, bro. Tolong sampeyan bantu teman
teman yang galau dan piktor. Usahakan jangan sampai mencaci maki leader
leader, teriak teriak, atau frustasi kelewat batas. Cari solusi lebih
baik lah.
KOK TAHU
Juki
Bro sampeyan keliatannya tahu sekali tentang si
Mavrodi. Jangan jangan kenal secara pribadi ya?
Kohar
Wkwk…Ya enggaklah.
Gimana kenalannya, aku nggak pernah ke Rusia dan aku di sini.
Juki
Kok
tahu banyak tentang dia?
Kohar
Ya bacalah…, khan banyak info info tentang
Mavrodi di Mbah Google. Plus ditambah analisa tingkat warung
kopi hehee
********000********
Kohar
dan Juki menghabiskan ‘seruput’ kopinya terakhir dan mereka berpisah.
Sebelum berpisah Juki didekati pengemis yang meminta uang. Dengan sigap
Juki mengeluarkan uang kertas 20 ribuannya dan diberikannya kepada
pengemis itu. Pengemis itu sangat senang sekali, berkali kali
berterimakasih dan mulutnya tak henti hentinya ‘komat kamit’ mendoakan
Juki. Kohar tersenyum, Juki tersenyum. Kohar mau nge prospek kepala
desanya yang sudah janjian jam 3 sore. Juki juga ada janji dengan
temannya yang mau tahu banyak tentang MMM.
********000********
Ini hanya sekedar analisa warung kopi, enaknya
dibaca sambil minum kopi menunggu PH dan GH lancar dan normal kembali